PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SS COFFEE SPACE DI MAKASSAR

Dwi sieke Rustiray(1), Milka Pasulu(2), Andi Hendra Syam(3),


(1) STIM LPI Makassar
(2) STIM LPI Makassar
(3) STIM LPI Makassar
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dilakukan riset ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada SS Coffee Space secara parsial dan simultan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Beberapa bulan belakangan di Indonesia ada fenomena dimana banyak dikalangan remaja yang membuka usaha perkopian. Setidaknya 30 anak remaja yang membuka usaha perkopian kekinian di berbagai daerah. Beberapa anak remaja membuka coffee di daerah yang sama. Salah satu daerah tersebut adalah kota Makassar. Kompetisi yang ketat di industri perkopian membuat masing-masing pelaku usaha berupaya membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk bertahan ditengah persaingan yang ketat perusahaan melakukan strategi. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian adalah strategi marketing mix (Bauran Pemasaran). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian pada SS Coffee Space dengan jumlah sampel 150 responden. Pengambilan sampling dilakukan dengan metode kuesioner yaitu jenis Data Primer. Teknik analisis data menggunakan analisis linear sederhana. Bauran pemasaran pada SS Coffee Space memiliki nilai persentase 368,3%.

Hasil uji R square ditemukan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh sebesar 0,790. hal ini menyatakan bahwa bauran pemasaran mempengaruhi kepuasan pembelian sebesar 79,0%, hal ini membuktikan bahwa pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pembelian dalam kategori kuat. Sisanya sebesar 21% dipengaruhi oleh  variable lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Regresi Linear Sederhana.

References


AA. Mangkunegara, Anwar. P, 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Repika Aditama

Algifari. 2000. Analisis Regresi. Edisi II. Yogyakarta: Liberty.

Arikuntomo, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu Swasta dan Irawan 1990. Manajemen Pemasaran Promosi. Jakarta: Prenhallindo.

Boyd, Walker, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Boyd, Walker, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Gitosudarmo 1994. Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Jakarta: Erlangga.

Irawan dkk. 2003. Pemasaran Prinsisp Dan Kasus. Yogyakarta: BPFE

Irawan dkk 2000. Konsep Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Kotler & Armstrong. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Armstrong. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Kotler 2008. Model-model Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip 2005. Bauran Pemasaran Edisi I. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip 2005. Bauran Pemasaran Edisi II. Jakarta: Prenhallindo

Kotler, Philip, Armstrong, Dharmmesta, dan Irawan 2001. Bauran Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara 2009. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia: Bogor Selatan.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgih, dan Tjiptono Fandy, 2002. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 31 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.