The Influence of Product Quality, Service Quality, and Facilities on Consumer Satisfaction

Authors

  • Nona Mutia Universitas teknologi digital
  • Ady Tia Ramadhan Universitas Teknologi Digital

DOI:

https://doi.org/10.58191/jomel.v4i2.269

Keywords:

Kualitas produk, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Abstract

This research aims to determine the influence of product quality, service quality and facilities on consumer satisfaction at Saung Apung Napak Sancang. This type of research is quantitative research. The population in this study were consumers who ate or had eaten at Saung Apung Napak Sancang by taking a sample of 100 consumers. This research uses Linear Regression Test analysis. Hypothesis testing uses partial tests (t) and simultaneous tests (F) with the help of SPSS version 29.0.2.0 (20). Partial test results (t) show that the variables Product Quality (X1) and Facilities (X3) have a significant effect on consumer satisfaction (Y). Meanwhile, Service Quality (X2) has no effect on Consumer Satisfaction. Simultaneous test results (F Test) show that there is a positive relationship between Product Quality, Service Quality and Facilities on Consumer Satisfaction, with an Fcount value of 63.041 > Ftable 2.703 with a significance of 0.001 < 0.05. This means that the variables Product Quality, Service Quality and Facilities jointly influence Consumer Satisfaction at Saung Apung Napak Sancang. The results of the determination test (R²) produced by the variables product quality, service quality and facilities have an effect on consumer satisfaction of 0.663 or 66.3%.

References

Alvino, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas, kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Karoeseri Kandang Elf. SKRIPSI.

Anam, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Studi Kasus : Cafe Kopi Desa (Telang). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan.

Arifin, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Wadiah Pasar pada PT. BPRS Kota Bengkulu. SKRIPSI.

BMWI. (2023). Apakah Wisata Kuliner Adalah Bagian Dari Industri Pariwisata? Isupariwisata.

BMWI. (2024). Apakah Wisata Kuliner Adalah Bagian Dari Industri Pariwisata? Isupariwisata.

Djaali, P. D. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dr. Budi Rahayu Tanama Putri, S. M. (2017). MANAJEMEN PEMASARAN. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Dr. Diane Tangian, S. M. (2020). Pengantar Pariwisata. Manado.

Dr. Drs. Ngatno, M. (2018). MANAJEMEN PEMASARAN. Semarang: EF Press Digimedia.

Dr. Wier Ritonga, S. M. (2020). Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Muara Karya.

Hendrik. (2021). Pengertian Produk: Klasifikasi, Jenis, dan Ciri-ciri Produk yang Disukai Konsumen. Gramedia Blog.

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Lestiyono, U. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Konsumen CV. Multi Usaha Jepara. SKRIPSI.

M.M, F. S., M.M, L. S., & M.M, P. S. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN. Banjarmasin: deepublish.

M.S., P. D., & M.M., CHt, D. S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Muhsin, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia.

Natalia. (2023). Pengertian Produk:Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya. accurate.

Nuriyah, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Geppak di Kecamatan Besuk Probolinggo. SKRIPSI.

Pratama, B. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Adventure Biru Outdor Purwodadi. SKRIPSI.

Putra, A. M. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BCA Cabang Kanjengan. SKRIPSI.

Riadi, M. (2020). Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif, dan Tingkatan). KAJIANPUSTAKA.

Sahir, S. H. (2022). METODOLOGI PENELITIAN. Medan: KBM Indonesia.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Zulyanti, N. R., Badriyah, N., & Al Vandik, A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan di tengah Pandemi Covid-19 pada PT Putra Sumber Hasil Lamongan (SPBU 54.622.15 Sumberdadi Mantup Lamongan). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2024-08-07

How to Cite

Mutia, N., & Ramadhan, A. T. (2024). The Influence of Product Quality, Service Quality, and Facilities on Consumer Satisfaction. Jurnal Online Manajemen ELPEI, 4(2), 1019–1029. https://doi.org/10.58191/jomel.v4i2.269

Issue

Section

Articles