Analysis of the Influence of Product Quality, Service Quality, Price and Promotion on Purchasing Decisions for Walnut Meatball Tofu Products in Solo Raya
DOI:
https://doi.org/10.58191/jomel.v4i2.279Keywords:
Tofu Meatballs Kenari, Solo Raya, Product quality, Service quality, Promotion, PriceAbstract
This research aims to analyze the influence of product quality, service quality, price and promotion on purchasing decisions for Tofu Bakso Kenari products in Solo Raya . The main focus of this research is to determine the extent to which product quality influences consumer purchasing decisions. The research method used is quantitative descriptive using external data sources obtained through questionnaires distributed to consumers of Kenari Meatball Tofu products. The sampling technique used was non-probability sampling with purposive sampling, which allows the selection of respondents based on certain criteria that are relevant to this research. This research concludes that product quality and promotion have a significant influence on purchasing decisions for Kenari Tahu Bakso in Solo Raya, while service quality and price do not have a significant influence. The implications of this research can be used as a guide for producers in improving their marketing strategies.References
Afif, M dan A. Nadilatul. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Wajah MS Glow (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Perawatan Wajah MS Glow di Kecamatan Prigen). JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 4(2), pp.147-167.
Alfajri, M. F., Adhiazni., Viranda dan A. Qurrotul. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), pp.34-42.
Alfarizi., D. Candra dan Rismawati. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Kai Acces (Akses Kereta Api Indonesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(2).
Amelisa, L., Y. Sepris dan M. Hesti. (2018). Analisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian gula tebu. Manajemen dan Kewirausahaan, 7(3), pp.54-66.
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), pp.660-669.
Ardiansyah., M. Fahri dan K. Jamaludin. (2022). Pengaruh promosi, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di angkringan nineteen. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), pp.1419-1430.
Ena, M., Yalinta. Nyoko, Antonio E.L dan Ndoen, Wehelmina M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), pp.299-310.
Ernawati, R., D. A. Bernadin dan A. J. Gunaedi. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), pp.200-218.
Febriana, P. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazizaa Chicken dan Pizza Di Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).
Firmansyah, I. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Kota malang. MBR (Management and Business Review), 3(2), pp.116-123.
Ghufron, M., K. D. Ali., W. Bayu dan S. W. Eko. (2022). Lokasi, Kualitas Layanan dan Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 3(2), pp.196-207.
Lau, O. S., M. Elia., M. Yamre dan A. F. Romelus. (2023). Analisis Pengaruh Variasi Produk Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Dealer Honda PT. MPM Motor Di Kota Kalabahi Kabupaten Alor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21),
Lestari, J., D. Shinta dan H. T. Setyo. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Rumah Makan Padang Pagi Sore Cabang Jalan Pulau Pelepas Kompleks Perkantoran Gubernur). Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 7(2), pp.93-107.
Lestari., Budi dan Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM. 2. 150-159.
Maiza, F., S. Agus dan H. Rizka. (2022). Pengaruh kualitas dan harga produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Nazurah Hijab di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Matua Jurnal, 4(2), pp.375-386.
Malik, S. A., B. M. Ridwan dan W. Nanik. (2023). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mie Gacoan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).
Nasution, S. (2023). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pakaian Mod Fashion Rantau Prapat. In Unikal National Conference (pp. 878-890).
Octhaviani, S dan S. H. Jonathan. (2021). Analisis pengaruh citra merek produk, kualitas produk, dan harga diskon terhadap keputusan pembelian produk minuman kopi pada pengguna aplikasi grab food di kota medan. Scientific Journal Of ReflectioN: Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), pp.521-528.
Puspaningrum, R dan N. Andri. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Batik Danii Gaya Collection. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(2), pp.129-140.
Rafi, M. dan B. Agung. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Mom Milk Semarang. Jurnal ilmu administrasi bisnis, 7(4), pp.160-166.
Ragasya, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Padang Salero Enak di Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 6(6), pp.347-361.
Rifa’I, B., M. N. W. Eka dan I. G. Ayu. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi. Value:Scientific journal for the development of management science published by the Management Study Program of the Faculty of Economics and Business, Mahasaraswati University, Denpasar., Jouernal unmas: 1(4), 1–12.
Sarwita, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi vol 4 No. 2356–3923.
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika dan Manajemen, ISSN: 2252-6226 Vol 5(2) No. 128–47.
Siagian, A. O., M. Rini dan I. Natal. (2020). Kemajuan pemasaran produk dalam memanfaatkan media sosial di era digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), p.44.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R dan D). Bandung, Alfabeta
Supriyadi, Y. F dan G. Indra. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek. Jurnal Bisnis dan Manajemen vol 3(1) No 135–44
Wati, S. (2023). Analisis Pengaruh Suasana Toko, Kelengkapan Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Toko Mila Grosir Solo (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said).
Widiatmoko, G dan H. Sudharto. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), pp.181-190.
Witarisma, S. W. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi (Vol. 6, No. 1, pp. 821-829).
Yanto, A. F. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan pembelian produk kartu seluler indosat. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(1).
Yanto, A. F. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Seluler Indosat. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis vol 13(1) No. 30–38.
Yusuf. A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana