Optimization of Archive Order and Quality of Archive Services in the Field of Hajj and Umrah Organization, Regional Office of the Ministry of Religion of West Sulawesi Province
DOI:
https://doi.org/10.58191/jomel.v5i1.385Keywords:
Optimization, Orderly Archives, Service Quality, ArchivesAbstract
This research aims to see efforts to realize the goals of archival management in the Hajj and Umrah Organizing Sector at the Regional Office of the Ministry of Religion, West Sulawesi Province. namely, Orderly Optimization of Archives and Quality of Archives Services through maximizing institutional awareness of the prospects for archives policies, quality of archives services, archives funding, archives management, archives organizations, archives infrastructure and facilities, and archives resources. The method used is a qualitative descriptive approach. Direct interviews from various informants, namely the Head of the Regional Office of the Ministry of Religion, West Sulawesi Province, the Head of the Hajj and Umrah Organizing Division, Archives Managers and Archives Service Users were carried out to collect data. Next, the data obtained will be analyzed and studied by researchers. The research results show that the optimization of orderly archives and the quality of archival services in the field of organizing the Hajj and Umrah has been carried out well in 3 aspects, namely orderly archive policy, archive management and human resources. However, there are 3 (three) that still need to be optimized, namely orderly facilities and archival infrastructure, orderly organization and archival funding.References
Abriani.N, Anggorowati.A dan Wardani.P.N (2018), Tata Kelola Arsip Kantor Desa di Wilayah Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas dalam Mewujudkan Tertib Arsip Desa, Khazanah Pengembangan Kearsipan Vol 11, No 1 (2018)
https://doi.org/10.22146/khazanah.41536
Administrasi Arsip dan Arsip Nasional (2020), Administrasi Arsip Federal: Digitalisasi Arsip Permanen dan Tinjauan Arsip
Amalina, (2022) Optimalisasi Pengelolaan Dokumen Dalam Meningkatkan Pelayanan Calon Jemaah Haji Pada Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan. Uin Syarif Hidayatullah
Aria, M., & Atik, I., L. (2018). Tata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan. Diakses pada tanggal 14 Juni 2024 dari
https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/view/86/51
Arifuddin, O., Tanjung, R., Soyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi Cv. Pena Persada. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2024 dari
file:///C:/Users/User/Downloads/bab%201%20buku%20manajemen%20strategik.pdf
Arsip Nasional RI. 2012. Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia 20 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Unit Kearsipan
Arsip Nasional Republik Indonesia 2017. Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.Jakarta. Akses Wednesday, March 13, 2024, 3:00:43 PM.
Arsip Nasional RI. 2018. Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemeliharaan Arsip Dinamis. Jakarta
Arsip Nasional RI. 2021. Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 tentang standar Pelayanan Arsip Nasional Republik Indonesia.Jakarta
Arsip Nasional RI. 2003.Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 63/KEP/M PAN/7/2003 tentang Pelayanan Publik.Jakarta
Asosiasi Pengarsip Australia. 2017. Tanggapan Perkumpulan Pengarsip Australia terhadap Kelompok Pakar Dewan Internasional Arsip tentang Catatan Deskriptif Kearsipan dalam Model Konseptual Konteks. Australia: Perkumpulan Pengarsip Australia.
Bahtiar, Mujahid, & Rukaiyah, S. (2023). Strategi Manajemen Pelayanan Terhadap Organisasi Masyarakat Di Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. Poma Jurnal: Publish Of Management, 1(1), 274–288. Diambil dari Https://Journal.Unifa.Ac.Id/Index.Php/Pomajurnal/article /view/643
Daga, R., Samad, A., & Mardana, A. (2023). Pengaruh Penerapan Alat Smart Register Terhadap Omset UMKM Dan Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Kota Tual. Jurnal Mirai Management, 8(2).
Duranti, Luciana dan Patricia C. Franks. 2015. Ensiklopedia Ilmu Kearsipan, Penerbit Rowman dan Littlefield.
Elvandari, H., & Sugiyanto, S. (2023). Optimalisasi Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (Gnsta) Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sleman Dalam Mendukung Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 601-620. Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V4i3.2750
Erwan, Mujahid, Rukaiyah, S. (2023) Analisis Manajemen Strategi Dalam Menghadapi Dampak Kenaikan Bbm (Studi Kasus Nelayan Di Kab. Merauke). POMA JURNAL : PUBLISH OF Management volume1 Nomor 1. Diambil dari
https://journal.unifa.ac.id/index.php/POMAJURNAL/index
Hayatin, L., & Hastuti, S. M. (2023), Analisis Manajemen Kearsipan dan Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Mutu Pelayanan Administrasi di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Vol. 23 Nomor 1 Jurnal Otonomi.
file:///C:/Users/User/Downloads/3653-217-11941-1-10-20230516% 20(1).pdf
Hermansyah, D., Aulianto, D.R. Raharja. T.D. dan Firnalia, F. (2023). Persepsi Arsiparis terhadap Implementasi Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di Badan Penelitian dan Inovasi Nasional. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan dan Kearspan, 9(2), 189-200
https://doi.org/10.14710/lenpust.v9i2.54990
Irmalasari. F dan Mayesti. N (2017) Strategi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam Meningkatkan Mutu Layanan. https://lib.ui.ac.id/m/detail.jsp?id=20456125&lokasi=lokal
International Council on Archives (ICA). (2023). Diakses pada 1 April 2024, dari https://www.ica.org/
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta diakses pada tanggal 14 Juni 2024
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1138858
Khomariah.S (2023) Pelaksanaan Kearsipan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di SMA Bakti Ponorogo.Electronic Theses.
http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26036
Kotler, Phillip dan Keller.K.L.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks diakses pada tanggal 14 Juni 2024 https://www.lib.bwi.go.id/books/manajemen-pemasaran-edisi-12-jilid-1
Menteri Agama RI. 2010. Keputusan Menteri Agama RI. Nomor 44 Tahun 2010tentang Instruksi Penataan Arsip Kementerian Agama.Jakarta
Menteri Agama RI. 2013.Keputusan Menteri Agama Nomor 120 Tahun 2013 tentang Penjadwalan Penyusutan Arsip Kemeterian Agama. Jakarta.
Menteri Agama RI. 2016. Keputusan Menteri Agama Nomor 9 Tahun 2016 Tata Naskah Dinas Kementerian Agama.Jakarta.
Menteri Agama RI. 2022. Peraturan Menteri Agama Nomor.6 Tahun 2022 Tentang Perubahan PMA No. 19 Tahun 2019 Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.Jakarta.
Menteri Agama RI. 2024. Keputusan Menteri Agama No. 1005 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia 1445 H/ 2024 M. Jakarta.
Menteri Agama RI. 2024. Keputusan Menteri Agama No. 727 Tahun 2024 tentang Pedoman Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip pada Kementerian Agama. Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Kualitatif Penelian. Bandung:
Mucliichah (2016). Bunga Rampai Kearsipan: Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
National Archives and Records Administration (NARA). (2023). Diakses pada 1 April 2024, dari https://www.archives.gov/
Nazala Nur Zukhrufiana, (2024) Manajemen Kearsipan Dokumen Calon Jemaah Haji Oleh Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (2019), Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Nooryani, S.(2019). Cara Mudah Mengelola Arsip Pasif, Bogor: IPB Press.
Pemerintah Indonesia, (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelyanan Publik. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 1 Ayat 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. (2019). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 28 Tahun 2012. tentang Implementasi UU No. 43 Tahun 2009. Tentang Arsip. Sekretariat Negara, Jakarta.
Pemerintah Indonesia. (2016). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 37 Tahun 2016. Petunjuk Pemusnahan arsip. Sekretariat Negara. Jakarta
Poerwadarminta, W.J.S. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing. Hal 1.
Ramanda, R.S dan Indrahti, S. (2015) Analisis Pengelolaan Arsip Inaktif Terhadaptemukembali Arsip di Pusat Arsip (Record Center) Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol. 4, No.3
Selviana. (2016). Pelayanan Jamaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan Tahun 2015. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Sugiarto. A dan Wahyono.T (2015). Manajemen Kearsipan Modern dan distribusinya . Yogyakarta: Gava Media.
Subagyo, (2015). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, Jakarta PT. Rineka Cipta
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Tim Kamus Pembelajaran dan Pengembangan Bahasa (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian optimasi. Jakarta: Balai Pustaka.
Thomas, R., Daga, R., & Samad, A. (2024). Pengaruh Optimalisasi Penyuluhan Dan Rehabilitasi Terhadap Penanggulangan Narkoba Di Satuan Reserse Narkoba Polres Jeneponto. Jurnal Sains Manajemen Nitro, 3(1), 96-104.
Verawati, Muchsin.S dan Hayat, (2020), Evaluasi Kinerja Dan Kualitas Pelayanan Publik Pada Manajemen Kearsipan Pada Badan Kepegawaian. Daerah Kota Malang. Vol. 15, No. 3 Jurnal Respon Publik. https://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/10003/7936
Winardi, (2014), Perencanaan dan Pengendalian dalam Manajemen, Mandar Maju, Jakarta. Available at: http://opac.lib.ulm.ac.id/id/opac/detail.php?q1=060&q2=Win&q3=t&q4=979-421-944-4
Yunda, N. R., Sukaesih, S., & Prahatmaja, N. (2022), Pengelolaan Arsip Dinamis dalam Menunjang Tertib Administrasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Vol 1 nomor 7 Jurnal ilmiah Multidisiplin Indonesia. Available at:
https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/427