PENINGKATAN PENGETAHUAN GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG PENERAPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.58191/jares.v1i2.210Kata Kunci:
Bahan Ajar, Canva, Teknologi InformasiAbstrak
Peningkatan pengetahuan guru merupakan bagian dari pengembangan kapasitasnya dalam pembelajaran. Guru SMP Negeri 2 di Kabupaten Majene menjadi sasaran Program Kemitraaan Masyarakat. Metode yang digunakan pada pelatihan ini ada dua yakni kegiatan edukasi denga metode ceramah tentang cara pembuatan media pembelajaran. Tahap kedua yakni pelatihan pembuatan bahan ajar dengan menggunakan materi atau dokumentasi tentang permasalahan lingkungan yang terjadi disekitarnya. Fokus materi yang diberikan adalah pembuatan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi canva. Sebanyak 25 guru yang terlibat dalam kegiatan ini. Hasil program ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat bahan ajar dengan tema permasalahan lingkungan yang ada disekitarnya.Referensi
Agustina, M. (2013) ‘Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran’, in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Cholik, C. A. (2017) ‘A, Cholik, Abdul, Cecep Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia’, Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), pp. 21–30.
Fuady, I. and Yusnita, T. (2019) ‘Pengaruh Himbauan Pesan Tentang Lingkungan Hidup terhadap Perubahan Sikap Siswa SD’, Jurnal Artikula, 2(2), pp. 16–25.
Gadotti, M. (2016) ‘Education for sustainability-A critical contribution to the Decade of Education for Sustainable Development’.
Huda, P. (2001) ‘Impact of Information Technology on education’, Retrieved Jan.
Karmini, N. W., Wiana, M. Y. and Sukarma, I. W. (2019) ‘Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Generasi Melenial Pada Era 4.0’, Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 19(2), pp. 11–20.
Nawawi, S. et al. (2017) ‘Pelatihan pembuatan modul ajar berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis’, in Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Universitas PGRI Madiun, pp. 42–46.