Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warkop 51 Daya di Kota Makassar

Penulis

  • Putu Purni Astuti STIM LPI Makassar
  • Andi Irfan STIM LPI Makassar
  • Aminah STIM LPI Makassar

Kata Kunci:

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Warkop 51 Daya di Kota Makassar. Masalah penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Warkop 51 Daya di Kota Makassar. Sampel penelitian adalah sebanyak 67 pelanggan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t pasrsial, koefisein determinasi serta dilanjutkan dengan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Pada Warkop 51 Daya di Kota Makassar. Dapat disimpulkan bahwa Warkop 51 Daya di Kota Makassar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan melalui persamaan regresi sederhana dimana  Y = 2,360 + 0,863 X, yang memiliki arti bahwa kualitas pelayanan berdampak pada kepuasan pelanggan sebanyak 0,863 sehingga dapat diketahui dalam setiap peningkatan kualitas pelayanan sebesar 1 satuan, maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan asumsi variabel independen lainnya tetap dan dilihat dari hasil uji t, menunjukkan bahwa thitung yaitu sebesar 10,979 dengan ttabel sebesar 1,99.  

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-17

Cara Mengutip

Putu Purni Astuti, Andi Irfan, & Aminah. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warkop 51 Daya di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Prioritas, 3(3), 119–127. Diambil dari https://jurnal.stim-lpi.ac.id/index.php/prioritas/article/view/191

Terbitan

Bagian

Artikel