Pengaruh Kepuasan Pelayanan Publik pada PT. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Kota Makassar

Penulis

  • Yusram Adi STIM LPI Makassar
  • Azhary Ismail STIM LPI Makassar

Kata Kunci:

Program JPK, Tripartit, Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Upaya meningkatkan dan menjaga mutu layanan bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi bila pihak yang terlibat pada pemberian jasa itu sangat banyak. Program JPK, sebagai salah satu program pelayanan publik di bidang kesehatan, yang diselenggarakan pemerintah dalam hal ini BUMN PT BPJS Kesehatan, menganut pola tri partit yang melibatkan tiga pihak yaitu Badan Penyelenggara (PT BPJS Kesehatan), Provider (Pelaksana Pelayanan Kesehatan) dan Peserta sebagai konsumennya yang terdiri dari pihak institusi dan karyawan. Pola tri partit ini merupakan model yang kompleks karena masing-masing pihak mempunyai potensi masalah tersendiri. Interaksi ketiga pihak tersebut akan berpotensi memunculkan masalah lain pula yang pada akhirnya dapat mempengaruhi mutu layanan yang diberikan kepada peserta dan anggota keluarganya. Untuk mengukur kepuasan terhadap pelayanan yang telah diberikan secara obyektif dalam rangka meningkatkan dan menjaga mutu layanan maka dilakukan penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-09

Cara Mengutip

Yusram Adi, & Azhary Ismail. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelayanan Publik pada PT. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Prioritas, 3(4), 062–077. Diambil dari https://jurnal.stim-lpi.ac.id/index.php/prioritas/article/view/243

Terbitan

Bagian

Artikel