Pengaruh Kepuasan Pelayanan Publik pada PT. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Kota Makassar
Kata Kunci:
Program JPK, Tripartit, Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstrak
Upaya meningkatkan dan menjaga mutu layanan bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi bila pihak yang terlibat pada pemberian jasa itu sangat banyak. Program JPK, sebagai salah satu program pelayanan publik di bidang kesehatan, yang diselenggarakan pemerintah dalam hal ini BUMN PT BPJS Kesehatan, menganut pola tri partit yang melibatkan tiga pihak yaitu Badan Penyelenggara (PT BPJS Kesehatan), Provider (Pelaksana Pelayanan Kesehatan) dan Peserta sebagai konsumennya yang terdiri dari pihak institusi dan karyawan. Pola tri partit ini merupakan model yang kompleks karena masing-masing pihak mempunyai potensi masalah tersendiri. Interaksi ketiga pihak tersebut akan berpotensi memunculkan masalah lain pula yang pada akhirnya dapat mempengaruhi mutu layanan yang diberikan kepada peserta dan anggota keluarganya. Untuk mengukur kepuasan terhadap pelayanan yang telah diberikan secara obyektif dalam rangka meningkatkan dan menjaga mutu layanan maka dilakukan penelitian ini.##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-10-09
Cara Mengutip
Yusram Adi, & Azhary Ismail. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelayanan Publik pada PT. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Prioritas, 3(4), 062–077. Diambil dari https://jurnal.stim-lpi.ac.id/index.php/prioritas/article/view/243
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yusram Adi, Azhary Ismail

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.