PENGARUH KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN

Penulis

  • farend chrissandy stim-lpi makassar
  • nashriah akil Stim-lpi makassar
  • ansar mulkin Stim-lpi makassar

Kata Kunci:

Kualitas Layanan dan Minat Baca.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah responden 67 pemustaka yang dijadikan sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel yaitu probabilitas atau sampel acak dengan teknik slovin, dimana teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini secara parsial variabel kualitas layanan berpengaruh positif dalam meningkatkan minat baca dengan nilai t-hitung > t-tabel (12,848 > 0,1997) dan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).      

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arianty, N., Bahagia, R., Lubis, A. A., & Siswadi, Y. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Perdana Publishing.

Andi Arisal, Indonesia. Vol 4, No 4 (2016) - Articles Kualitas pelayanan pustakawan pada badan perpustakaan arsip dan dokumentasi daerah provinsi sulawesi tengah.

Angellia Debora Suryawan, Marlene Martani, & Mahenda Metta Surya. (2015). Pengembangan Sistem Penunjang Operasional dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Laboratorium Komputer. Vol. 6, 12-19.

Akbar, A., Usmar, T., Agusalim, A., Ali, A. M., & Nasrullah, N. Vol. 5 No. 4 (2021). August Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa di SD Negeri 52 Buton.

Bangun, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Boyne & Gould-Williams (2005). sikap aparatur yang terlibat dalam perencanaan berperan penting bagi pencapaian kinerja organisasi sektor publik.

Busro, M. (2018). Teori-Toeri Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada, Media Group.

Darmadi, (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Ke kepala sekolahan. Yogyakarta: Deepublish.

Fathurrachman, Mohammad, & Ismunarta, : H Sos, SSi, M. (2023). Peran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam meningkatkan minat baca di kabupaten takalar provinsi sulawesi selatan, Asdaf: 1-12.

Hasnawati, H., Arfan, H. H., & Oktaviani, A. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Baca Pengunjung Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sidrap.

Handoko, T. Hani. (2014). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jacob & Washington, (2023). Pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia.

Josepin Harianja1), Feliks Dabur2), Pilifus Junianto3. Vol. 5, No. 2, Juni (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Mahasiswa Pada STIE Bentara Persada Batam.

Khairina, (2011). Manusia Adalah Aset Yang Paling Penting, Liputan Kompas.

Kiki Riski, (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Baca Mahasiswa Pada UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Mathis & Jakson, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) tidak lain merupakan system manajemen.

Nurmaghfirah, (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten aceh barat daya.

Nursangadah, (2019). Optimalisasi Layanan Perpustakaan untuk Peningkatan Motivasi Minat Baca di MTs.N Kaliangkrek Kabupaten Magelang. Jurnal EduTrained, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret. Volume 3, Nomor 2, Halaman 205-2012.

Purba, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Jasa Gojek. Medan, 6-25.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wright & Rudolph, (1994). fungsi manajerial diarahkan pada pengembangan perilaku individu.

Yuli, Sri Budi Cantika, (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama. Universitas Muhammadiya Malang.

Yuniarsih Tjutju, Suwanto, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, bandung: Alfabeta.

Yusi amirul fatah, (2021) Pengaruh kualitas layanan Perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan madrasah aliyah negeri demak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-02

Terbitan

Bagian

Artikel