PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA D’KATZE FRIED CHICKEN

Penulis

  • kasmira suci madrat stim-lpi makassar
  • baharuddin baharuddin
  • ihsan guntur

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Cita Rasa, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini  bertuujuan unntuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dann cita rasa terhadap kepuasan karyawan pada D’Katze Fried Chicken,  sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan makanan siap saji (junk food).  Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang melibatkan 70 responden. Hasil eneltian diiuji dengan uji validitas, reabilitas, uji parsiiial (t0, dan uji simultan (uji  f). Teknik analisis data  menggunakan analisis deskriptif dan analsis  linear berganda.   Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama ditolak, dan hasilnya menujukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Adapuun hiipotesis kedua  diterima, dan menunjukkan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Kettiiga variabel tersebut berdasarkan  uji f,menunjukkan bahwa kualitas  pelayanan dan cita rasa berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menjawab sekaligus ketiga hipotesis  penelitian ini.    

Referensi

Agus, H. (2012). Komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga, 45, 100–101. http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/12109/06bab2_Abdallah_10090312206_skr_2016.pdf?sequence=6&isAllowed=y#:~:text=Menurut Kotler dan Keller (2012,dan merek yang mereka jual.

Astuti, P. P., & Irfan, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warkop 51 Daya di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Prioritas, 3(3), 119-127.

Botler,Amstrong (2012). Analysis of Factors that Influence Stock Return in Indonesia Stock Exchange. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 13(2), 134-151.

Chayatul Jannah, Lutfi Alhazami. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen CV. Sumber Garuda Mas. https://prin.or.id

Daryanto. (2013). Sari Kuliah: Manajemen Pemasaran. Satu Nusa.

Dr. Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi.

Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Grönroos, C. (1990). A service quality model and its marketing implications. European Journal of marketing, 18(4), 36-44.

Goes, Davis, R (2012). Report on the Workshop on Distributed AI.

Hafiar, H., Lukman, S., Ardiyanto, A., Basu, S., Irawan, Mussardo, G., Penelitian, A. K., & Mussardo, G. (2018). No Title No Title. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Irfan, A., Nuryadin, A., & Alim, A. (2023). The Influence of Location and Price on Shopping Decisions at Practical Gelael Makassar. Jurnal Economic Resource, 6(1), 191-199.

Irfan, A., Latif, N., & Ismail, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah pada Kantor AJB Bumiputera 1912 Cabang Ujung Tanah. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 171-178.

Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Penigkatan Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. YUME: Journal of Management, 4(2).

Pahmi, P., Tasrim, T., Jayanti, A., Rachmadana, S. L., Irfan, A., & Alim, A. (2023). Marketing Mix Improves Consumer Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 368-384.

Jafarianto, Irawan (2013). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan sepeda motor Honda di kota Semarang). MADIC.

Keringer, F. N. (1986). Foundations of be-tive and Inferencial Stutistics in Lihavioral reSearch. Orlando, FL: Holt, brary Sch0Ols. JOUrnal Of Education Rinehart and Winston, Inc. for Librarianship, 19(1), 3-20.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2005). Menanti Reformasi Iklim Bisnis Di Indonesia. Unisia, 3-15.

Lina Hanim Nada. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan. http://repository.unisma.ac.id

Maimunah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. http://e-journal.umaha.ac.id

Mutiara Sri, Solling Rahmat, Suardi Ahmad (2021). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen C’Bezt Fried Chicken diKota Parepare (Analisis Ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE).

Pratiwi, R., Widoyoko, S. E. P., & Ngazizah, N. (2023). Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Literasi Sains Tema 8 Untuk Siswa SD Kelas V. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 71-77.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Prof.Dr.Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis.

Rahardja, U., Lutfiani, N., Sudaryono, S., & Rochmawati, R. (2020). The strategy of enhancing employee reward using topsis method as a decision support system. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(4), 387-396.

Rizki Kusumandharu Suryo Leksono (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadapkepuasan Pelanggan Grab Bike Pada Mahasiswa Stie Nobel Indonesia Makassar. http://repository.stienobel-indonesia.ac.id/handle/123456789/428

Siregar, F. (2013). Indonesian Constitutional Politics 2003-2013 (Doctoral dissertation, UNSW Sydney).

Sofyan, S. (2017). Jurnal Litbang Industri. Jurnal Litbang Industri-Vol, 8(1), 1-9.

Sugiyono, S. (2021). The evaluation of facilities and infrastructure standards achievement of vocational high school in the Special Region of Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 25(2), 207-217.

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2016). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61.

Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wahidah, Z. (2010). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Parfum Beralkohol. Abdurrauf Journal of Islamic Studies, 1(1), 45-54.

Wiyanto, T., Samani, M., & Sugiyono, S. (2012). The developing teaching practice model as an effort to improve the quality of mechanical engineering vocational school teachers. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 349-363.

Zeithaml, Berryy (1999). Measuring and improving the quality of public services: A hybrid approach.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-02

Terbitan

Bagian

Artikel