PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASI DALAM KECERDASAN BELAJAR DAN PROSES BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KABUPATEN BARRU.

Penulis

  • Tuppu Bulu Alam STIE AMKOP MAKASSAR
  • Mattalatta Mattalatta STIE AMKOP MAKASSAR
  • Ansar Ansar STIE AMKOP MAKASSAR
  • Kurniawaty Kurniawaty STIE AMKOP MAKASSAR
  • Safrida Safrida Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada

Kata Kunci:

implementasi, kepemimpinan, Daya saing, kemandirian

Abstrak

Implementasi peran kepemimpinan transformasional, proses kelincahan belajar peserta didik pendidikan nonformal, proses peningkatan lembaga pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM), Metode penelitian kualitatif, lokasi di kabupaten Barru, informan sesuai bidang kompetensi, data Hasil informan kunci utama, penelitian langsung, Kepala Bidang Pengembangan PAUD dan Pendidikan Nonformal. Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Barru. Pembahasan hasil, implementasi kepemimpinan lembaga pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) dalam transformasi proses pembelajaran, peserta didik belum memiliki kemandirian belajar sehingga mengakibatkan kemajuan proses pembelajaran menjadi tertinggal. Pengembangan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini dan pendidikan luar sekolah dengan proses kemandirian peserta didik mengakibatkan ketidakmampuan dalam bersaing, Temuan, Peran kepemimpinan belum mampu melakukan transformasi proses pembelajaran dengan kelincahan dalam meningkatkan proses kemandirian dan kelincahan belajar peserta didik pada lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) masih perlu ditingkatkan di kabupaten Barru.

Referensi

A.N. and Indrawati, F. (2022) ‘peningkatan komitmen terhadap profesi melalui penguatan kepemlmpinan transformasional, kepribadian, dan trust disertasi’

Avolio, B. J., Bass, B. M. & Jung, D. I. (1999). Re-examining the components of transformational and transactional leadership using the Multifactor Leadership Questionnaire. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 72, pp. 441-462.

Akhlaqul Karimah, S. and Churiyah, M. (2021) ‘Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis Android’, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(6), pp. 538-545. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p538-545.

Andy Pradana, Martha. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan: studi kasus pada karyawan tetap PT. Mustika Bahana Jaya. Lumajang: Universitas Brawijaya.

Aan Komariah dan Cepi Triatna, (2016). Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Addison- Wesley.Clarke, A. E. (2005). Situational analysis: Grounded theory after the postmodern turn. Thousand Oaks, CA: Sage

Bayu, W.I., (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kesegaran Jasmani’, Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), pp. 9–25.

Baharudin dan Umiarso, (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik,(Jogjakarta:AR- RUZZ MEDIA,),

Bass, B.M., & Avolio, B.J., (1990). Develoving Tranformational Leadership; And Beyond. 1992. Journal of European Industrial Training, 14(5): 21-27

Burke, W., & Smith, D. (2018). Technical Report: A Guide for Learning about Learning Agility. Easia Consult Bujuri, Dian Andesta, Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar mengajar. Jurnal Literasi. Vol. IX, No.01,

Charmaz, K. (2006). Constructing grounded theory. London: Sage.

Chenitz, W. C., & Swanson, J. M. (1986). From practice to grounded theory: Qualitative research in nursing. Menlo Park, CA:

Daft, Richard L. (1992). Organization Theory and Design. Fourth Edition. Singapore : West Publishing Company.

Daresh, J. W., & Playco. (1995). Supervision as a Proactive Process. Illinois: Waveland Press, Inc.

Deddy, & Taty. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Desmita, (2009). Psikologi perkembangan Peserta Didik, Bandung: Rosdakarya.

Danim, Sudarwan. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta Utama.

Diana, Putri. (2019). “Artikel Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah.” 1– 13. doi: 10.31227/osf.io/c8st6. D.

Dirjen Pembinaan Pendidikan Masyarakat R.I, Standard an Prosedur Peneyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm. 1

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Standard an Prosedur Penyelenggaraan Pusat kegiatan Belajar Masyarakat, Kementerian RI, 2012, hlm. 5-6.

Erawati, T. (2018) ‘Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini Al Irsyad Cirebon’, (Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini), pp. 1–177. Available at: http://lib.unnes.ac.id/40470/1/UPLOAD DISERTASI TURINI ERNAWATI.pdf.

Endro, S., dkk. (2017). The Influence of Transformational Leadership and Personal Value toward Profession Commitmen and Its Impact on Perfomance. International Journal of Education and Social Science, Vol 4, No 4, Hal 11- 18. http://www.ijessnet.com

Ekosiswoyo, Rasdi. (2007)“Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan.”Jurnal Ilmu Pendidikan 14, no.2: 76–82.

Falah, D.M. Al (2019) ‘Kreativitas Pembelajaran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar Di PKBM Al Suroya Kota Metro’, Skripsi Sarjana IAIN Metro, Lampung [Preprint].

Firdaus, A. and Kuncoro, J. (2021) ‘Hubungan antara Ketangkasan Belajar ( Learning Agility ) dengan Eksplorasi Karir pada Karyawan Millenial’, Prosiding Berkala Psikologi, 3(November), pp. 268–276.

Glaser, B. G. (1978). Theoretical sensitivity. Mill Valley, CA: Sociology Press. Glaser, B. G. (1992). Basics of grounded theory analysis. Mill Valley, CA: Sociology Press. Glaser, B. G., & Strauss, A. (1967). The discovery of grounded theory. Chicago: Aldine.

Gary Yukl, Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Kelima (Leadership In Organization), (Jakarta, PT. Indeks, 2010), h.6 Gide, A. (1967) ‘Pengertian Kepsek’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., pp. 5–24.

Ginting, R. and Haryati, T. (2012) ‘Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan’, Jurnal Ilmiah CIVIS, II(2), pp. 1–17.

Harbani, P. (2008). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta. Charmaz, K. (1983). The grounded theory method: An explication and interpretation. In R. Emerson (Ed.), Contemporary field research (pp. 109–126). Boston: Little, Brown.

Haryanti, J. and Fatisa, Y. (2021) ‘Desain dan Uji Coba E-Handout Berbasis Literasi Sains Siswa pada Materi Laju Reaksi’, Journal of Natural Science and Integration, 4(1), p. 50.https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11030.

Harsey dan Blanchard, (1997), Management of Organizational Behaviour, Jakarta : Erlangga

Hayati, M. (2020) ‘Kontribusi Keterampilan Belajar Abad 21 Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences’,pp.1–221.http://repository.uin- suska.ac.id/30248/.

Hermanto (2012) ‘Analisis Tingkat Kemandirian Peserta Didik (Studi pada Pesantren Modern al- Junaidiyah Biru Kabupaten Bone)’, Tesis [Preprint].

Hadari Nawawi, (1987). Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Haji Mas Agung,), h. 81

Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, (1984). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Bina Aksara, Jakarta, h.4

Hallinger, P. (2003). Leading Educational Change: Reflections on the Practice of Instructional and Transformational Leadership. Cambridge Journal of Education, 33(3), 35-70.(Online), (https://eric.ed.gov/?id=EJ770849), diakses 9 April 2019.

Hariandja, Marihot Tua Effendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Sarana Indonesia.

Hasibuan, Malayu S.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bina Aksara.

Hakim, Ahmad Firman. (2018). “Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Banjarmasin Post Group).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 62(2):131–40.

Imam Mujiono, (2002). Kepemimpinan dan Keorganisasian, Yogyakarta: UII Press,

Jucius, Khaulani, fatma. Dkk. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “pendidikan dasar”. Vol. VII. No. 1 .

Koentjaraningrat. (1993). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kompri. (2015). Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koene , Bas A.S., Ad L.W Vogelaar, Joseph L Soeters. (2002). Leadership effects on organizational climate and financial performance: Local leadership effect in chain organizations. The Leadership Quarterly. Vol. 13 No. 19 pp. 193-215 https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.261.

Mahdiansyah (2017) Kementerian pendidikan dan kebudayaan badan penelitian dan pengembangan pusat penelitian kebijakan pendidikan dan kebudayaan tahun 2017.

Matutina, Domi. C. (2000). Manajemen Personalia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Michel J. (1993). Improving Business Result, Mc Graw Hill.

Milani, R., Argentero, P., & Setti, I. (2021). Learning agility and talent management: A Systematic review and future prospects. Consulting Psychology Journal Practice and Research

Panggabean, Mutiara J. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Plippo, Edwin B. (1999). Personel Management, Sixth Edition, New York: Prentice Hall Of India.

RUSYD, M. (2014) ‘Pengaruh kepemimpinan dan pemberdayaan terhadap kompetensi dan prestasi kerja dosen kopertis wilayah ix di kota makassar’, pp. 101– 103.

Suradinata, Ermaya. (1995). Psikologi Kepegawaian dan Peranan Pimpinan Dalam Motivasi Kerja . CV Ramadan, Bandung.

Safitri, S.F., Suyoto and Nurhidayati (2021) ‘Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik Dan Latarbelakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas Iv Di Sdit Al-Madina Purworejo’, Jurnal Paris Langkis, 2(1), pp. 114–124.

Strauss, A. (1987). Qualitative analysis for social scientists. New York: Cambridge University Press. Strauss, A., & Corbin, J. (1990). Basics of qualitative research: Grounded theory procedures and techniques. Newbury Park, CA: Sage.

Strauss, A., & Corbin, J. (1994). Grounded theory methodology: An overview. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (pp. 273–285). Thousand Oaks, CA: Sage. Strauss, A., & Corbin, J. (1998). Basics of qualitative research: Grounded theory procedures and techniques (2nd ed.). Newbury Park, CA: Sage.

Safitri, S.F., Suyoto and Nurhidayati (2021) ‘Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik Dan Latarbelakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Sudarwan Danim, Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Triantoro, Safaria. (2004). Kepemimpinan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu. Tuti Andriani, Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini, Vol. 9, No. 1, (Januari- Juli, 2012).

Twiningsih, a.t. (2022) ‘Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah melalui Lima Prinsip Teknologi Pendidikan’, Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(4), pp. 272–277.

Tyas, S.P. and Hariyanto, W. (2019) ‘Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah: Studi Kasus Di Smk Negeri 1 JenanganPonorogo’, MuslimHeritage,4(2).

Waris, et. al (2022) Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif, RakeSarasin:.

Yukl, Gary. (2010). Kepemimpinan dalam Organiasasi. Jakarta: Indeks. Yulk, G. 1998. Leadership in Organizations. London: Prentice-Hall International.

Yoder, Dale. (1991). Personnel Management and Industrial Relation. Sixth https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1813%0Ahttps:/ /ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/download/1813/1295

Wahyudi, (2009), Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning organization), Bandung : Alfabeta

Wullur, M. Dkk., (2022), Belajar Sambil Bermain Kartu Abjad : Panduan Bagi Pamong Belajar, Guru dan Praktisi Pendidikan, Zahir Publishing, Sleman, Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-08

Terbitan

Bagian

Artikel