Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Masyarakat di Pasar Tradisional Sungguminasa Kabupaten Gowa

Penulis

  • Kamaruddin STIM LPI Makassar

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Minat Beli Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Masyarakat di Pasar Tradisional Sungguminasa Kabutapen Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dimana metode pengambilan sampel menggunakan jenis probability sampling dengan jumlah responden 100 orang yang dijadikan sebagai sempel. Dengan membagikan kuesioner secara langsung. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian tersebut telah diuji validitas, reabilitasnya dan kuefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa Ada pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Masyarakat di Pasar Tradisional Sungguminasa Kabutapen Gowa dengan persamaan regresi linier sederhana Y=0,497+1,226X dengan tingkat signifikan .000 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0, 0,987. Kualitas Pelayanan memiliki peranan penting terhadap Minat Beli Masyarakat di Pasar Tradisional Sungguminasa Kabutapen Gowa, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan agar dapat menarik minat Beli Masyarakat.

Referensi

Achmad, & M. (2010). Teori-Teori Mutakhir Administrasi Publik. In Yogyakarta: Rangkang Education.

Arianto, Nurmin, & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis 3.2.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu Pengantar Praktik. jakarta: Rineka Cipta.

Arukonto S. (2006). In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (p. Jakarta: Rineka Cipta.).

Aryani D. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Tidak diterbitkan. Universitas Hasanuddin: Makassar. .

Candra, Angelica, B., & Megawati, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Brasserie Resto di Kota Palembang 2021–2022. Publikasi Riaet Mahasiswa Manajemen 4.1, 36-42.

Dedi, Asep, & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Hotel terhadap Kepuasan Pelanggan di Sari Ater Hot Springsresortciater. Jurnal Sains Manajemen 4.1, 18-25.

Gasprsz. (2004). Production Planning and Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghojali, T, & Garvin. (2011). Kualitas Produk: Alat Strategi yang penting. Jakarta: Free Press.

Haryatmoko. (20011). Etika Publik. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Ibrahim, A. (2008). Teori Dan Konsep Pelayanan Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Indonesia, D. K. (2010). Peraturan Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menker/Per/V/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Jakarta: D-epkes RI.

Izzuddin, Ahmad, & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 6.1, 72-78

Kanaf, Yerison, J., Irawati, I., & Halimah, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusaan Daerah Air Minum Kota Kupang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintah 8.2, 744-755.

Kolter, & Armstrong. (2012). Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. In Prinsip-Prinsip Pemasaran.

LAN. (2004). System Administrasi Negara Kesatua Republik Indonesia. (SANKRI) BUKU 3. Jakarta: LAN.

Lupoyoadi. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Mahsyar, A. (2003). Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 81-90.

Mandasari, A. (2014). ). Pengaruh Profisionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Administrasi Negara, Vol 4(2).

Manoy, I, T., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Ake Maumbi. Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 9.4, 314-324.

Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. jurnal manajemen pemasaran, 15(2), 75-82.

Rafli. (2021). ). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Indragiri Tembilahan. Di akses pada https://repository.uin.

Rahmayanti. (2013). Manajemen Pelayanan. . Yogyakarta: GrahaIlmu.

Ritonga, Muharram, H., Pane, D. N., & Rahma, C. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan. Jumant 12.2, 30-44.

Sabariah. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Tangga pada PT. PLN. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol. 3(3), 1211-1221.

Yusram, Adi, & Kamaruddin. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo Propinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 4(2).

Sari, Fitriani, R., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruputLapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai 7.1, 1801-1812.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-20

Cara Mengutip

Kamaruddin. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Masyarakat di Pasar Tradisional Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Ekonomi Prioritas, 5(1), 001–018. Diambil dari https://jurnal.stim-lpi.ac.id/index.php/prioritas/article/view/380

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>